.

Larangan Yang Wajib Di Patuhi Sebelum Naik gunung

Larangan Yang Wajib Di Patuhi Sebelum Naik gunung

Mendaki gunung bisa dibilang hobinya anak muda jaman sekarang. Apalagi pasca meledak film berjudul di bioskop tanah air. Dampaknya banyak orang mendadak suka dengan hoby mountainering.

Namun, sebenarnya untuk melakukan pendakian tidak cukup dengan bekal suka dan hobi. Persiapan fisik adalah nomer satu. Perlengkapan mendaki juga perlu dilengkapi. Adapun yang tidak boleh terlupa yakni http://agent88bet.co/informasi seputar gunung yang menjadi tujuan pendakian. Berkaitan tentang hal ini ada pula sejumlah pantangan yang perlu menjadi perhatian para pendaki. Kira-kira apa saja pantangan saat bepergian di gunung?

Pantangan Saat Naik Gunung

Pantangan saat naik gunung tidak lain dengan peraturan yang mesti ditaati setiap pendaki. Sekilas pantangan yang ditetapkan mungkin terasa memberatkan. Akan tetapi, sebenarnya pantangan tersebut diberikan demi kebaikan bersama. Baik kebaikan pendaki atau tetap terjaganya keasrian di kawasan gunung yang didaki. Berikut diberikan beberapa pantangan yang patut menjadi perhatian:

Larangan Yang Wajib Di Patuhi Sebelum Naik gunung
Larangan Yang Wajib Di Patuhi Sebelum Naik gunung

Berpikiran Negatif dan Berbicara Kotor

Bagi anda dan teman-teman yang berencana pergi ke gunung harap memperhatikan pantangan satu ini. Pantang ini penting. Pasalnya sebagian besar gunung di Indonesia masih lekat dan kental dengan kepercayaan akan roh atau arwah. Tidak sedikit pendaki yang hilang, nyasar, dan meninggal lantaran mengucap kata-kata kotor saat di gunung. Tetapi, hal ini sebenarnya kembali pada keyakinan masing-masing. Sebagai tips saat melakukan pendakian dianjurkan tetap bergabung dalam rombongan agar tidak nyasar sendirian.

Untuk M yang pertama artinya pendaki wajib menjaga kebersihan alam gunung dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pendaki sebenarnya identik dengan pecinta alam. Sayangnya tidak sedikit pendaki tanah air yang masih senang menyampah. Padahal menyampah sejatinya bukan cerminan dari pecinta alam.

M yang kedua adalah larangan untuk membunuh hewan atau tumbuhan yang ada di gunung. Hewan liar di gunung sejatinya tidak akan mengganggu bila tidak diganggu lebih dulu. Adapun pantangan ini hanya boleh dilanggar bila dalam kondisi terdesak, misal diserang binatang buas.

Adapun M yang terakhir, para pendaki juga tidak diperkenankan membawa apapun dari gunung. Bunga edelweis adalah salah satu benda gunung yang paling banyak dicuri. Padahal bunga jenis ini hanya bisa tumbuh subur di gunung. Karenanya memetik bunga edelweis sebenarnya malah merusak habitat gunung.

Kencing Sembarangan

Di gunung memang sulit ditemukan toilet. Namun, tidak lantas diperbolehkan kencing sembarangan. Pasalnya kencing sembarangan bisa memicu kemarahan hewan yang mungkin saja sudah lebih dulu memberikan tanda. Sebagai anjuran bila ingin kencing lebih baik pilih tempat yang memungkinkan air kencing bisa mengalir.

Wanita Haid

Larangan ini tidak diberlakukan untuk semua gunung. Hanya saja bagi pendaki wanita yang sedang haid, memang lebih baik menunda waktu pendakian. Pasalnya ada beberapa alasan yang mendasari mengapa wanita haid tidak boleh naik gunung. Alasan pertama darah haid bisa jadi mengotori kebersihan alam gunung. Di sisi lain, sebenarnya akan cukup ribet bagi sang wanita karena saat haid mestinya rutin mengganti pembalut dan sering berbasuh agar organ intim tetap sehat.

Oke guys demikianlah artikel ini saya rangkum semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua guys. dan jangan lupa larangan yang harus di hindari saat anda mau naik gunung.

Leave a Comment