.

Need Assessment for CSR Projects

Need Assessment for CSR Projects

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah proses di Organisasi besar di mana Perusahaan mengintegrasikan masalah Sosial dan Lingkungan dalam Bisnis mereka. Dalam beberapa kasus, Perusahaan melakukan hal ini sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang Perusahaan dan dalam beberapa kasus, ini adalah inisiatif oleh Perusahaan. Dalam kedua kasus, manajemen harus menyiapkan komite terpisah, badan pengatur dan sekelompok relawan untuk menjaga fungsi CSR.

Perencanaan & Kebutuhan Penilaian: Sebelum masuk ke rincian kegiatan CSR, perencanaan yang tepat diperlukan bersama dengan anggaran. Peran dan tanggung jawab anggota komite harus diputuskan dan tugas pertama dari inisiatif ini adalah penilaian kebutuhan untuk Proyek CSR. Tanpa menilai kebutuhan yang tepat dari masyarakat, proyek tidak tetap berkelanjutan dan dampaknya juga akan minimum. Dampak sosio-politik, masalah lingkungan, kondisi infrastruktur, fasilitas kesehatan, kesadaran dan tingkat pendidikan, ketersediaan makanan dan air, transportasi umum & persyaratan sanitasi harus dinilai sebelum kick-off proyek CSR. Diperlukan penilaian kebutuhan menyeluruh untuk membuatnya efektif untuk masyarakat dan untuk menampilkan filantropi perusahaan. Konteks dari inisiatif ini penting bagi masyarakat luas untuk melihat manfaatnya.

Penilaian Berulang: Penting untuk menguraikan skenario pra dan pasca proyek untuk memastikan bahwa proyek tersebut akan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat setelah implementasi. Dalam banyak kasus, ini tidak tetap menjadi aktivitas satu kali dan kemajuan perlu dilacak bersama dengan penilaian hasil yang diharapkan. Ini berarti bahwa penilaian akan menjadi proses yang berkesinambungan pada interval yang sering. Perubahan dalam kebutuhan komunitas juga merupakan faktor penting.

Bagaimana cara melakukan Need Assessment?

Ada beberapa cara Perusahaan dapat melakukan penilaian kebutuhan ini. Karena keterampilan yang diperlukan, tenaga dan waktu mungkin tidak tersedia untuk Perusahaan, kebanyakan dari mereka lebih suka mendekati konsultan CSR dan melakukan penilaian ini. Apa pun metode yang dipilih untuk penilaian, beberapa langkah dasar selalu diperlukan untuk dilakukan.

Penelitian: Penelitian berbasis internet adalah hal pertama adalah Dunia saat ini untuk memulai proyek baru dan hal yang sama berlaku untuk Proyek CSR juga. Dengan kemudahan mencari informasi di internet, Anda perlu mencari tahu semua informasi yang tersedia tentang kebutuhan kota, daerah, atau komunitas tertentu melalui berbagai laporan dan berita. Tidak perlu untuk menemukan kembali roda dan Anda selalu dapat merujuk pada laporan otentik yang dibuat dan dipublikasikan oleh Pemerintah atau LSM.

Berbicara kepada Individu: Survei adalah bagian penting dari setiap penilaian kebutuhan sosial dan berbicara dengan orang di lapangan sangatlah penting. Menggunakan sukarelawan Anda sendiri untuk pergi ke lapangan dan mencatat sesi tanya jawab atau merekamnya akan memberikan umpan balik yang berharga. Berdasarkan lokasi dan ketersediaan internet, Anda juga dapat menggunakan teknologi untuk menangkap data lapangan.

Berbicara ke Grup: Diskusi Kelompok Fokus adalah cara yang efektif untuk menemukan masalah umum seperti kurangnya fasilitas kesehatan atau kelangkaan air minum. Anda akan selalu menemukan kelompok-kelompok politikus lokal, aktivis, kelompok perlindungan lingkungan, dll. Yang akan bekerja di bidang tertentu dan mempertimbangkan pandangan mereka adalah penting.

Penggunaan Aset yang tersedia: Anda harus menyadari aset seperti sumber daya alam, tenaga kerja, kondisi lingkungan, pekerjaan yang sudah dilakukan oleh organisasi lain atau Pemerintah untuk menyelesaikan masalah tertentu, dll. Informasi ini memperkuat kebutuhan penilaian Anda dengan cara yang dapat Anda gunakan dan memetakan aset di manfaat dari proyek dan komunitas.

Keterlibatan pemangku kepentingan:Ada banyak pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek komunitas. Perusahaan pendanaan, Pemerintah Daerah, politisi lokal, dan yang paling penting adalah masyarakat di mana proyek akan dilaksanakan. Melibatkan mereka semua dan melibatkan mereka adalah tugas penting untuk keberhasilan proyek.

Leave a Comment